Minggu, 21 September 2008

ngerti ga si lo tentang karya ilmiah (KI)?

gw yakin bgd,
kalo lo pada eneg ama yang namanya karya ilmiah,
tapinyah,
lo semua yang niad kuliah,
apalagi di indonesia,
pasti bakal nemuin yang namanya karya ilmiah (next, gw singkad KI),
jadi,
materi ni gw pikir cukup aplikatif...
ini adala rencana yang bakal gw kc bwd XI A3/XI S1,
so,
berbagagiala yang uda visid kesinih,
hehehe...


Analisis KI

"Analisis Model Karangan Ilmiah"


Latihan ini bertujuan untuk memantapkan pemahaman Anda tentang Penalaran dalam Karangan Ilmiah sekaligus memberi contoh konkrit model Karangan Ilmiah. Lakukan tugas berikut ini secara urut sesuai dengan urutan tugas. Ingat, jangan beralih ke urutan berikutnya sebelum Anda memahami benar langkah-langkah/pertanyaan-pertanyaan pada bagian tertentu.

Tugas :
1. Pilih salah satu Karangan Ilmiah (KI) karya kakak kelas Anda, catatlah judulnya 2. Bacalah Latar Belakang Masalah (dalam PENDAHULUAN), pakailah beberapa pertanyaan di bawah ini untuk membantu analisis Anda
- Point-point apa saja yang diuraikan penulis dalam latar belakang masalahnya?
- Apakah latar belakang masalah tersebut sudah cukup memberi penjelasan tentang apa yang akan dilakukan penulis/apakah Anda sebagai pembaca mengetahui apa yang akan dibicarakan oleh penulis?
- Apakah latar belakang masalah sudah berfungsi dengan baik? (menjelaskan mengapa topik itu dipilih/penting/menarik dibicarakan? Pernah diteliti/ditulis orang lain?
- Apakah latar belakang masalah sudah menjelaskan keistimewaan/menariknya topik itu?)
- Apa yang kurang dari latar belakang masalah tersebut?
3. Bacalah juga Rumusan Masalahnya Apakah perumusan masalahnya sudah baik/benar? (kalimat tanya) Apakah rumusan masalah proporsional (tidak terlalu banyak)? Apakah rumusan masalah sesuai dengan judul KI?
4. Melompatlah ke KESIMPULAN (PENUTUP) Apakah kesimpulan menjawab rumusan masalah yang ditulis dalam pendahuluan? Apakah kesimpulan sistematis sesuai dengan rumusan masalah? Apakah kesimpulan dipaparkan dengan singkat?
5. Lihat PEMBAHASAN-nya secara sekilas Apakah pembahasan menjawab rumusan masalah yang ditulis dalam pendahuluan? Apakah pembahasan cukup detail dengan uraian-uraian yang sistematis? Apakah penulis menyajikan/mendeskripsikan bukti-bukti, alasan-alasan yang argumentatif? Apakah isi pembahasan sudah disimpulkan dalam kesimpulan?
6. Lihat pula LANDASAN TEORI-nya secara sekilas Apakah landasan teori bermanfaat dalam pembahasan? Apakah landasan teori mencerminkan kekayaan referensi penulisnya? Apakah landasan teori sesuai dengan topik? Apakah penulis baik dalam merumuskan kalimat-kalimatnya? Atau sekedar menyalin pendapat seseorang atau menyalin uraian-uraian dalam referensi? Cukupkah landasan teori yang dipaparkan penulis untuk membahas topiknya?
7. Kembalilah ke PENDAHULUAN, bacalah Tujuannya Apakah tujuan sejajar dengan rumusan masalahnya? Apaah kata-kata yang dipilih dalam tujuan bias diukur? Apakah tujuan yang dirumuskan sudah tercapai ketika Anda membaca bagian pembahasan dan kesimpulan?
8. Bacalah Manfaatnya Apakah manfaat dirumuskan secara baik? Apakah manfaat yang dirumuskan penulis realistis dan proporsional?
9. Bacalah Ruang Lingkupnya Apakah penulis membatasi topiknya? Apakah perumusan ruang lingkup sudah benar?
10. Bacalah Sistematika Penyajiannya Apakah sistematika penyajian sudah dirumusakan dengan benar dan sistematis? Apakah penulisan sistematika penyajian dilakukan secara deskriptif? Atau point-point seperti daftar isi?
-- oO o --

(sampai pada bagian ini seharusnya pemahaman Anda tentang KI semakin jelas)

5 komentar:

CEU mengatakan...

aduuhhh. apaan bgt tu bu ?
bacany aj ud males gw.
jgn dksi k anssosa lah. ampuun.

the_one mengatakan...

XI A3 kagak kan buu ??
asikkk...
haha.

gisela mengatakan...

AMIN XI A3 nggaa ada ahahaha HORE!
-gisela

the_one mengatakan...

ibuuuuu...
ternyata salah yaaa..
buat A3 en S1 ternyata...
gw dh seneng".

Adrian Edrien Luminors mengatakan...

akakaka bu... bu.. tugas kok disebar2.. bikin libur sengsara aja ngingetnya. hahaha. dah kan ? dah kan? dah nulis komen singkat padat ga jelas, hahaha haioo ganti kasi komen di tempat saiaaa